-->

Samuel Wilson (Falcon)

Falcon adalah pahlawan super fiksi dari dunia Marvel. Tokoh ini diciptakan oleh Stan Lee dan Gene Colan. Karakter Falcon pertama kali muncul pada komik Captain America volume 117 pada tahun 1969. Falcon digambarkan sebagai pria kulit hitam  yang memiliki sayap layaknya burung.


Samuel Thomas Wilson atau biasa disebut Samuel Wison lahir di Harlem, New York. Wilson memang sejak kecil menyukai dunia burung. Ia kerap memelihara burung dan memiliki kandang burung merpati terbesar di Harlem. Namun hidupnya berubah setelah munculnya aksi rasisme di kota Harlem. Ayahnya dibunuh akibat menolak mengikuti ajaran agama fanatik dan sang ibu meninggal dibunuh oleh perampok. Sejak kehilangkan kedua orang tuannya Wilson pun akhirnya menjadi relawan masyarakat.



Dalam film Captain America versi Russo bersaudara tahun 2014, Wilson akhirnya bergabung dengan angkatan udara Amerika Serikat dan dipercaya mengendalikan alat canggih hasil pengembangan angkatan udara AS. Buntuknya seperti sayap mekanik yang membuat pasukan angkatan udara dapat terbang bebas layaknya seekor burung. Saat itu penggunaan sayap tersebut dihentikan karena memakan korban. Hingga akhirnya Steve Rogers mengambilkan sayap tersebut untuk Wilson.

Pada versi komiknya, Falcon dapat mengontrol seluruh jenis burung yang ada dimuka bumi. Namun pada versi filmnya, Falcon dibuat lebih masuk akal dengan hanya bisa terbang dengan bantuan sayap jet dengan tenaga surya. Selain itu Falcon sangat piawai dalam menggunakan senjata terutama senjata mesin. 



Setelah bertemu dengan Steve Rogers, Falcon akhirnya bergabung dengan S.H.I.E.L.D dan menjadi anggota dari Avengers.

Click to comment