-->

Wilson Fisk (Kingpin)



Kingpin adalah salah satu tokoh fiksi yang ada pada komik Marvel. Tokoh antogonis ini diciptakan oleh Stan Lee dan John Romita, Sr. Sosok Kingpin sendiri pertama kali muncul pada komik The Amazing Spider-man #50 yang diterbitkan pada bulan Juli 1967. Meskipun begitu, Kingpin malah dikenal sebagai tokoh penjahat yang selalu berhadapan dengan Daredevil.


Kingpin sendiri memiliki nama asli Wilson Fisk. Ia lahir dari keluarga miskin di New York City. Sejak kecil, Wilson selalu dibully dengan teman-temannya karena obesitas. Namun dengan tubuhnya yang besar tersebut ia bisa mengintimidasi orang lain. Wilson pun kemudian bertemu dengan Don Rigeletto dan bergabung dalam Gengnya.

Setelah dipercaya oleh Rigeletto sebagai tangan kanannya, Wilson malah membunuh Rigeletto dan mengambil alih posisi pemimpin di geng yang ia masuki. Selama menjadi pemimpin geng, Wilson kerap berseteru dengan HYDRA sehingga pada akhirnya ia harus melarikan diri ke Jepang. Di Jepang, Wilson mulai berbisnis rempah-rempah dan mengumpulkan uang untuk kembali ke New York. Setelah kembali ke New York, Wilson kembali berbisnis dengan para mafia di bidang kejahatan. Ia pun bertemu dengan seorang wanita bernama Vanessa dan menikahinya hingga dikaruniai seorang anak bernama Richard Fisk. 
 
Mengetahui jika sang ayah adalah seorang penjahat kelas kakap, Richard kemudian memalsukan kematiannya dan hal tersebut membuat Wilson alias Kingpin bersedih. Kesedihannya pun diungkapkan dengan sikapnya yang semakin kejam dan pada akhirnya bergabung dengan HYDRA. Kingpin bahkan menjadi kepala HYDRA untuk wilayah Las Vegas.

Sebagai penjahat di Marvel, Kingpin sebenarnya tak memiliki kekuatan super. Namun perawakannya yang besar dan gemuk membuat dirinya ditakuti. Kekuatannya fisiknya bahkan setara dengan pegulat sumo. Kingpin terbiasa menggunakan baju Kevlar dan membawa tongkat yang bisa memancarkan sinar laser yang bersifat eksplosif bernama obliterator cane. Kingpin juga merupakan orang yang cerdas terutama dalam berbisnis. Karena itu dirinya menjadi mafia terkaya di New York dan ditakuti mafia lain.
 

5 comments

avatar

saya kira si kingpin ini musuhnya spidey, sejenis gembong kejahatan di kota newyork gitu, taunya bukan

avatar

badass emg sih wilson fisk

avatar

Gue kira Vanessa itu yg istrinya deadpool

Click to comment