-->

Green Goblin

Green Goblin adalah tokoh antagonis yang ada pada komik Marvel. Tokoh ini sangat terkenal karena sering muncul pada komik dan film garapan Marvel. Tokoh ini diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko. Green Gooblin pertama kali muncul pada komik yang berjudul The Amazing Spider-Man yang rilis pada bulan Juli 1964.  Pada komiknya, Green Goblin mengalami beberapa bergantian karakter, mulai dari Norman Osborn, Harrry Osborn, Bart Hamilton, hingga Phil Urich. Namun Kali ini Green Goblin yang dibahas adalah versi Norman Osborn.


Memiliki nama lengkap Norman Virgil Osborn, Norman dilahirkan di New Heaven daerah Connecticut. Ayahnya yang bernama Ambrose Osborn merupakan seorang ilmuan yang juga mendirikan perusahaan yang bergerak dibidang sains bernama Oscorp (Osborn Coorperation). Bakat ilmuan sang ayah pun turun pada Norman Osborn yang juga tertarik pada sains. Ia mencoba mengembangkan serum yang dapat mengingkatkan kekuatan dan kecerdasan manusia. 

Saat akan diadakan percobaan serum, Norman menggunakan tubuhnya sebagai subjek percobaan, namun setelah serum tersebut disuntikan ketubuhnya, Serum tersebut malah merusak wajahnya dan mengubah warna kulitnya menjadi kehijauan. kecelakaan tersebut memang membuat Norman menjadi kuat dan sangat cerdas namun juga menhilangkan kewarasannya.



Norman pun akhirnya mengambil nama Green Goblin untuk dirinya. Ia menciptakan organisasi kriminal dan membuat kekacauan di kota. Spider-Man merupakan orang yang sering mengagalkan aksi jahat Green Goblin. Namun kejadian tersebut membuat Green Goblin marah yang akhirnya menculik kekasih Peter Parker yang bernama Gwen Stacy dan membunuhnya.

Sebagai Green Goblin, Norman memiliki kekuatan tubuh dan kecerdasan yang luar biasa. Green Goblin bahkan dapat mengangkat benda yang memiliki berat hingga 9 ton (menurut komik). Selain itu kecerdasannya membuat Green Goblin menciptakan banyak alat yang membantunya dalam menjalankan aksi kejahatannya seperti Goblin Glider dan bom Pumpkin. Goblin Glider adalah alat transportasi yang digunakan Green Goblin. Mirip dengan papan selancar namun bertenaga roket. Selain itu Goblin Glider juga mampu meluncurkan peluru kendali. Bom Pumpkin sendiri adalah sebuah bom berbentuk buah labu yang bisa berfungsi sebagai bom asap maupun bom yang bisa meledak.





Click to comment