-->

Mandarin

Mandarin adalah salah satu tokoh antagonis yang terkenal di dunia Marvel. Tokoh ini diciptakan oleh Stan Lee dan di gambar pertama kali oleh Don Heck. Mandarin pertama kali muncul pada komik Tales of Suspense Vol 50 yang diterbitkan pada bulan Februari tahun 1964. Nama asli dari Mandarin pun cukup bervariasi. Pada serial tv The Iron Man Series, Mandarin memiliki nama asli Arnold Brock, pada komiknya nama aslinya adalah Xin Xhang. Namun pada film Iron Man 3, Mandarin memiliki nama asli Trevor Slattery.


Meskipun dalam versi film, Mandarin digambarkan hanya sosok fiktif yang hanya diperankan oleh seorang aktor, pada komiknya Mandarin merupakan sosok penjahat yang ditakuti. Ayah mandarin adalah orang terkaya di Cina sedangkan sang ibu adalah bangsawan Inggris. Namun Mandarin harus menjadi yatim piatu setelah kedua orang tuanya meninggal saat ia masih kecil. Mandarin pun akhirnya tinggal dengan bibinya. Kekayaan Mandarin habis lantaran ia gunakan untuk lakukan banyak penelitian. Ia pun harus diusir dari dataran Tiongkok lantaran tak mampu membayar pajak pada era komunis. 



Mandarin pun akhirnya pindah dan menetap di daerah lebah jiwa (Valley of Spirit). Disana dirinya menemukan bangkai pesawat luar angkasa yang berasal dari Axonn-Karr. Dari kapal tersebut, Mandarin menemukan 10 cincin yang memberinya kekuatan (salah satunya adalah teleportasi). Dengan kekuatan yang dimilikinya tersebut, Mandarin berhasil membalaskan dendamnya dan menguasai Tiongkok. 



Keberhasilannya menguasai Tiongkok tak membuat Mandarin puas. Ia bahkan ingin menguasia dunia dan salah satu cara yang ia tempuh adalah dengan mengalahkan Iron man. Kekuatan dari sepuluh cincinnya pun semakin kuat setelah Mandarin berhasil mempelajari sihir kuno Cina yang benama mata legendaris Yin.

Click to comment