-->

Clint Barton (Hawkeye)

Clint Barton adalah karakter fiktif karya Marvel. Karakter ini diciptakan oleh Stan Lee dan Don Heck dan muncul pertama dalam komik Marvel "Tales of Suspense #57" pada tahun 1964. Haweye digambarkan sebagai seorang pemuda yang memiliki keahlian dalam memanah. Ia pun bergabung dalam kelompok The Avengers.


Clint Barton berasal dari daerah Waverly, Iowa. Pada saat berumur 6 tahun, Clint harus kehilangan kedua orang tuanya karena kecelakaan mobil. Menjadi yatim piatu membuat Clint dan sang adik, Barney harus hidup mandiri dan bergabung dengan kelompok karnaval keliling. Seorang ahli pedang di karnaval tersebut tertarik dengan Clint. Clint pun dilatih cara menggunakan panah hingga mahir. Namun suatu saat Clint melihat guru panahnya melakukan penggelap uang yang menyebabkan Clint dipukuli hingga nyaris mati dan ditinggal begitu saja. Clint pun saat itu harus terpisah dengan sang adik. 



Dengan bekal keahliannya dalam memanah, Clint kemudian menjadi pemanah dalam perkumpulan sirkus yang terkenal. Namun saat itu ia mengalami masa kelam karena ia menggunakan keahliannya untuk kejahatan. Clint bahkan bekerja sama dengan Black Widow saat masih menjadi mata-mata Rusia untuk mencuri teknologi yang dimiliki Stark Indusries. Namun pada akhirnya Clint dan Natasha bergabung dengan S.H.I.E.L.D dan mengubah identitasnya sebagai Hawkeye.

Sebagai Hawkeye, Clint tak memiliki kekuatan super seperti pahlawan super pada umumnya. Ia hanya memiliki keahlian memanah dan beladiri. Untuk mengembangkan serangannya, Hawkeye mengembangkan anak panahnya dengan berbagai hal seperti bom asap, tali, dan juga granat. Saat bergabung dengan Avengers, Clint dilatih oleh Steve Rogers sehingga kemampuan beladiri jarak dekatnya semakin meningkat. 

Dalam Cerita Marvel, Hawkeye nantinya akan menikah dengan Mockingbird. Namun pada versi filmnya, Hawkeye menikah dengan wanita biasa bernama Laura Barton dan memiliki 3 orang anak.



Click to comment