-->

Man-Ape (M’baku)


Man-Ape adalah salah satu tokoh karakter fiksi yang ada pada komik Marvel. Tokoh yang kerap menjadi sosok antagonis ini diciptakan oleh Roy Thomas dan John Buscema. Man-Ape sendiri pertama kali muncul pada komik berjudul Avengers #62 yang diterbitkan Marvel pada bulan Maret 1969. Debut Perdana Man-Ape pada Marvel Cinematic Universe (MCU) ada di film Black Panther (2018).

Siapakah Man-Ape? Nama aslinya adalah M’Baku. Pada komiknya tak dijelaskan secara jelas tentang masa kecilnya namun, M’Baku lahir di desa bernama Jabari, Wakanda. M’Baku sendiri merupakan prajurit terlatih dari Wakanda. Ia bahkan menjadi prajurit terkuat kedua setelah T’Challa, sang Black Panther. Namun sifat kesatria M’Baku berbeda dengan T’Challa. M’baku sangat terobsesi menjadi pemimpin Wakanda. Namun hal tersebut sangat sulit terjadi Karena pempimpin Wakanda di wariskan secara turun-temurun. Hal tersebut membuat M’Baku sangat membenci T’Challa yang merupakan putera mahkota Wakanda.


Saat T’Challa menjadi raja Wakanda menggantikan T’Chaka, M’Baku semakin berniat untuk merebut tahta tersebut. Apalagi persaingan diantara mereka sejak kecil memang memotivasi M’Baku untuk melebihi sang Black Pather. M’Baku kemudian bersekongkol dengan kelompok Gorila Putih, Kelompok yang memusuhi Wakanda dengan harapan jika Wakanda jatuh, maka tahta T’Challa bisa diambilnya. Namun rencana tersebut gagal. Merasa kecewa, M’Baku membantai seluruh kelompok Gorila Putih. M’Baku bahkan memakan daging mereka dan mandi dengan darahnya. Karena ritual tersebut, M’Baku mendapat kekuatan besar layaknya Gorilla putih dan berusaha merusak Wakanda. Sejak itu M’Baku dijuluki Man-Ape (Manusia Gorilla).


Sebagai sosok antagonis, Man-Ape memiliki kekuatan super yang luar biasa berkat ritual mandi darah Gorilla Putih. Dengan kekuatan tersebut Man-Ape memiliki kecepatan, stamina dan kelincahan layaknya seekor gorilla. Karena mantan tentara dari Wakanda, Man-Ape memiliki pengetahuan berperang yang luas dan pandai dalam bertempur. Sebagai identitas, Man-Ape selalu menggunakan jaket dari kulit Gorila putih saat beraksi.


4 comments

avatar

Keren Om blognya suka banget baca info tentang Marvel di blog ini

avatar

Keren Om blognya suka banget baca info tentang Marvel di blog ini

avatar

Black panther = antagonisnya Erik Killmonger (N'Jadaka)
Black panther 2 = antagonisnya M'Baku sesuai yg dibahas diatas

Click to comment