-->

Arnim Zola

Armin Zola adalah karakter fiksi dari dunia Marvel. Tokoh pejahat super ini diciptakan oleh Jack Kirby dan pertama kali muncul pada komik Captain America Vol 208 yang diterbitkan pada bulan April 1977. Arnim Zola adalah tangan kanan dari Red Skull dan merupakan salah satu pendiri organisasi HYDRA.


Arnim Zola adalah ilmuan biochemist yang berasal dari Swiss. Tak dijelaskan secara rinci mengenai asal-usul dirinya saat kecil namun Zola selama perang dunia kedua bergabung dengan Nazi dan akhirnya berkenalan dengan Red Skull. Melihat potensi yang luar biasa pada diri Zola, Red Skull mengajak Zola untuk bergabung dalam tim ilmuan mereka. Zola pun akhirnya menciptakan banyak penjahat super, salah satunya adalah Hate-Monger yang merupakan hasil kloning dari Hitler (fiksi). 

Dalam versi filmnya, Zola membantu Red Skull dalam mengembangan data mengenai Tesseract. Namun dirinya tertangkap oleh SHIELD dan dipenjara. Selama menjadi tahanan SHIELD, Arnim Zola ternyata masih melakukan aksi jahatnya dengan mengunduh data milik SHIELD dan mengubah dirinya menjadi bentuk software. Zola pun menguasai seluruh sistem komputer SHIELD walau akhirnya dapat dihentikan oleh Captain America. Selain SHILED, Zola jupa ternyata pernah menguasai sistem komputerisasi HAMMER dan Oscorp.



Aksi Zola tak hanya berhenti sampai disana. Ia juga sempat memgunggah dirinya dalam sebuah robot yang dijuluki Arnim Zola 4.2.3. Robot tersebut digunakan Zola untuk menyusup organisasi Secret Avengers.

Sebagai Ilmuan, Zola tidak memilik kemampuan fisik layaknya penjahat super lainnya. Namun, kecerdasannya membuat pahlawan super kewalahan. Zola merupakan ahli kloning sehingga dirinya bisa hidup abadi. Selain itu Zola dalam mengkoning dirinya dalam sebuah software sehingga keberadaannya sulit terlacak.



Click to comment