-->

Sandman (Flint Marko)


Sandman adalah salah satu karakter fiksi yang ada pada komik Marvel. Tokoh ini diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko. Sosok yang digambarkan sebagai penjahat super ini pertama kali muncul pada komik berjudul The Amazing Spider-Man #4 yang diterbitkan pada bulan September 1963. Sandman merupakan tokoh penjahat super yang digemari pembaca. Tokoh ini bahkan berada di peringkat 72 dari 100 daftar penjahat komik terbaik versi IGN pada tahun 2009 dan muncul sebagai penjahat di film Spider-Man 3 (2007).

Siapakah Sandman? Ia memiliki identitas asli bernama William Baker sebelum akhirnya ia mengubah nama menjadi Flint Marko. Pria yang lahir di Queens, New York ini sengaja mengubah namanya pasca keluar dari penjara setelah hidupnya hancur karena diusir dari klub sepakbola. Nama tersebut juga ia gunakan agar ibunya tak mencarinya setelah keluar dari penjara.

Setelah keluar dari penjara, saat SMA Marko tengah berjalan di sebuah situs pengujian nuklir di depan pantai Savanah, Georgia. Di tempat tersebut terdapat pasir yang telah terkena radiasi reaktor eksperimental. Ternyata pasir tersebut juga masuk ke dalam tubuh Marko dan mengubah molekul-molekul di tubuhnya menjadi seperti pasir. Sejak saat itu, Marko bisa mengubah dirinya seperti gundukan pasir dan dijuluki Sandman (Manusia Pasir).


Pada komiknya, Spider-Man merupakan superhero yang sangat dibenci oleh Sandman. Pasalnya Manusia laba-laba tersebut pernah mengalahkannya habis-habisan dengan menyedot sandman ke dalam vacuum  cleaner raksasa. Karena itu, Sandman bergabung dengan Sinister Six untuk mengalahkan Peter Parker. Sandman dan Sinister Six sengaja membangun rencana untuk mengalahkan Spider-Man dengan menjebaknya di ruang kedap udara. Sayangnya saat itu Sandman kembali kalah karena paru-paru sang manusia laba-laba lebih kuat.

Cerita yang berbeda digambarkan pada versi filmnya. Pada film Spider-Man 3, Flint Marko digambarkan sebagai seorang ayah yang terpaksa menjadi kriminal demi membiayai pengobatan anaknya yang sakit keras. Saat dalam pelarian kejaran polisi, Marko terjebak dalam pengaduk pasir raksasa yang terkena radiasi.



Sebagai penjahat super, Sandman memiliki kemampuan untuk mengubah bentuk tubuhnya. Ia bisa memadatkan tubuh ataupun menyebar dalam bentuk partikel (debu). Hal tersebut membuat sandman kebal terhadap pukulan sekeras apapun. Sebagai identitasnya, Sandman selalu mengenakan kaus garis-garis hijau dan celana berwarna pasir. Tak hanya mengubah bentuk, Sandman juga bisa nyerap pasir yang ada disekitarnya untuk membuat tubuhnya lebih besar. Namun Sandman memiliki kelemahan. Ia sangat lemah terhadap air. Jika ia terkena air maka kemampuannya mengontrol partikel pasir menjadi hilang karena terlalu berat.a 

Click to comment