-->

Doctor Doom

Doctor Doom adalah salah satu karakter antagonis pada komik Marvel. Tokoh Dr. Doom  diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Doctor Doom muncul pertama kali dalam komik The Fantastic Four vol 5 yang diterbitkan pada bulan Juli tahun 1962. Doctor Doom merupakan sosok yang sangat membenci kelompok Fantastic Four. Dalam daftar 100 karater komik jahat yang terpopuler versi IGN, Doctor Doom berada diperingkat ke 3.


Doctor Doom memiliki nama asli Victor Von Doom. Ia lahir dari suku orang Laverian Romani dibawah pimpinan Baron. Ibunya seorang penyihir bernama Cynthia Von Doom. Ayahnya bernama Werner adalah  Dukun ternama di Latverian. Pada saat Doctor Doom muda, sang ibu dibunuh oleh Mephisto. Sedangkan Doom dan ayahnya hidup dalam pelarian lantaran mereka di kejar bangsa Romani karena ayah Doom tak dapat menyembuhkan penyakit kanker sang ratu dan malah membuatnya terbunuh. Lama hidup dalam pelarian, Doom pun akhirnya terpisah dengan sang ayah saat mereka dalam pengejaran pasukan Baron.



Setelah berpisah dengan sang ayah, Doctor Doom tinggal dengan kelompok Gipsi yang kenal dengan ibunya. Doom pun tumbuh menjadi laki-laki yang keras kepala namun berotak brilian. Kepintaran yang dimiliki Doom pun menarik perhatian Dekan Empire State University dan menyekolahkannya di Amerika Serikat.  Saat kuliah Doom memiliki teman sekamar bernama Reed Richard. Mereka pun menjadi akrab.



Terjadi berbedaan cerita pada komik dan Film Fantastic Four tahun 2005. Pada versi layar lebar, wajah Dr. Doom rusak karena terkena imbas dari radiasi kosmik. Namun dalam versi komik berbeda. Saat Doom dan Reed Richard masih kuliah, Doom menciptakan sebuah mesin yang berfungsi untuk berkomunikasi dengan orang mati. Saat Doom memperkenalkan alat tersebut pada Reed, Reed mengatakan bahwa mesin tersebut belum sempurna dan cacat mesin. Namun Doom tetap mencobanya dan hasilnya mesin tersebut meledak dan membakar wajahnya. Sejak saat itu Dr. Doom menyalahkan Reed karena hal tersebut. Ia keluar dari dunia pendidikan membuat kostum dan topeng besi dengan wajah cemberut. Memberi gelar dirinya sebagai Dr.Doom dan melakukan kekacauan.

Selain cerdas Dr.Doom juga memiliki kemampuan mistis. Kemampuannya tersebut didapat dari seorang pendeta di Tibet yang juga merupakan teman lama ibunya. Dr.Doom mampu memproyeksikan energi untuk menjadikannya perisai pelindung dan alat untuk menyerang. Dr.Doom juga mendapat ilmu sihir kuno Genghis setelah ia bekerjasama dengan Dr.Strange. Kekuatan Dr.Doom semakin kuat setelah dirinya mencuri kekuatan dari Silver Surfer dan mengisap energi dari Galactus.



Click to comment