-->

Venom



Venom adalah karakter jahat yang ada pada komik Marvel. Venom sendiri sering menjadi musuh dari Spider-Man. Ide tokoh Venom sendiri dibuat oleh Randy Schuller. Sementara penggambaran Venomnya digambar oleh seniman Mike Zeck dan Tood McFarlane. Venom adalah sosok alien berbentuk cair yang bersifat parasit. Venom muncul pertama kali pada komik The Amazing Spider-Man #252 yang diterbitkan Marvel pada bulan Desember 1984. Venom merupakan sosok antagonis marvel yang cukup terkenal. Tokoh ini bahkan menepati posisi 22 dari 100 penjahat komik terfavorit versi IGN.


Tidak jelas, berasal dari mana alien yang satu ini namun salah satu komik menunjukkan bahwa Venom berasal dari planet bernama Battleworld. Bentuknya yang cair dan bisa menjadi parasit pada tubuh manusia membuat sosok Venom menjadi penjahat di Marvel yang sulit untuk dikalahkan karena sifatnya yang suka berpindah-pindah. Sosok yang pertama terjangkit alien Parasit ini adalah Peter Parker (Spider-Man). Venom memasuki pakaian Spider-Man saat dirinya sedang tidur. Peter Parker pun lambat laun menjadi berubah perilakunya. Reed Richard yang melihat keanehan tersebut mencoba memeriksa pakaian Spider-Man dan menemukan adalah tanda kehidupan dalam pakaian tersebut. Venom pun lari dari Spider-Man setelah mendengar gelombang suara keras dari lonceng gereja.


Sosok kedua yang terjangkit Venom adalah Eddie Brock, Seorang wartawan lepas. Pada versi komiknya, Brook adalah wartawan harian Globe yang sedang mengungkap kasus Sin-Eater. Namun karena ulah Spider-Man, kasus tersebut terselesaikan denga cepat sehingga ia kehilangan pekerjaannya. Dari versi film karya Sam Raimi, Eddie Brock merupakan fotografer lepas yang menjadi saingan Peter Parker di Daily Buggle. Eddie Brock akhirnya dipecat lantaran Peter yang mengungkapkan hasil foto Brock yang ternyata hanyalah editan. Merasa putus asa, Ia berdoa di gereja tepat dimana Venom lari dari Spider-Man. Venom pun akhirnya pindah ke tubuh Brock.

Masih banyak lagi sosok yang menjadi korban parasit Venom seperti Mac Gargan dan Flash Thompson (Teman Peter Parker di SMA). Venom bahkan pernah menjadi parasit dalam sosok wanita seperti saat menjangkiti Ann Weying, Patricia Robertson, dan Angelo Fortunato.


Sebagai alien parasit, Venom membutuhkan inang untuk bertahan hidup berupa tubuh manusia. Apa bila Ia sedang menguasai tubuh manusia, maka Venom bisa mengendalikan tubuh tersebut baik fisik maupun mental. Setelah menjadi parasite ditubuh Spider-Man, Venom menyerap kemampuan pengindraan pada Spider-Man sehingga ia bisa memiliki kecepatan, kelincahan, dan respon yang baik layaknya Spider-Man.

Click to comment