-->

Kamala Khan (Ms. Marvel)



Ms. Marvel adalah salah satu tokoh superhero wanita fiktif yang ada pada komik Marvel. Awalnya Ms. Marvel adalah sosok Carol Danvers namun kemudian Carol menjadi Captain Marvel dan sosok Ms. Marvel digantikan oleh Kamala Khan. Kamala Khan merupakan superhero pertama yang digambarkan sebagai wanita beragama Muslim. Tokoh ini di ciptakan oleh Sana Amanat, Stepehen Wacker, Willow Wilson, dan Adrian Alphona. Kamala Khan sendiri muncul pertama kali pada komik Captain Marvel #14 yang diterbitkan Marvel pada bulan Agustus 2013.


Kamala Khan adalah wanita berkebangsaan Pakistan-Amerika. Awalnya orang tua Kamala tinggal di Karachi dan kemudian pindah di kota Jersey Amerika. Kamala sangat tertarik dengan budaya dan merupakan sosok kutu buku di sekolah. Orang tuanya cukup keras mendidik Kamala mengingat mereka merupakan kaum minoritas di tempat tinggalnya.

Kamala merupakan penggemar dari sosok Carol Danver yang merupakan Captain Marvel. Kamala bahkan mengetahui segala informasi tentang Captain Marvel yang ia himpun dari berbagai media. Suatu malam, Kamala menyelinap keluar rumah untuk menghadiri pesta Jersey Waterfront agar tak dikucilkan teman-temannya di sekolah. Namun saat di pesta tersebut, Kamala malah dibully karena dianggap kutu buku dan tak seperti anak-anak lainnya. Kamala pun kemudian pulang dengan menangis karena tak tahan dengan pesta tersebut. Saat perjalanan pulang, muncul kabut Terrigen tebal yang menyelimuti jalanan yang Kamala lalui. Kabut tersebut kemungkinan besar karena Black Bolt. Kamala pun pingsan karena paparan radiasi kabut tersebut.


Saat sadar, Kamala merasakan perubahan pada dirinya. Hal tersebut dimulai ketika ia menghentikan pencuri saat Kamala sedang mengunjungi rekannya. Saat itu ia tak mereka takut sama sekali dan bahkan menangkap pencuri yang bersenjata tersebut dengan menggenggamnya dalam satu tangan. Sejak saat itu Kamala menyadari bahwa dirinya merupakan Inhuman. Kamala pun kemudian mengikuti jejak Captain Marvel untuk menumpas kejahatan dengan julukan Ms. Marvel.

Sebagai Ms. Marvel, Kamala merupakan sosok yang memiliki kekuatan morphogenetic. Hal tersebut membuat dirinya bisa memperpanjang anggota tubuhnya layaknya seperti sebuah karet (kekuatannya mirip Mr.Fantastic). Kamala juga bisa memperbesar bentuk tubuhnya, seperti kepalan tangan dan kaki. (seperti Shinobi Choji Akimichi pada manga Naruto) Ms. Marvel juga bisa melakukan penyembuhan diri dengan cepat ketika terluka namun konsekuensinya tenaganya menjadi terkuras. 


Click to comment