-->

Tinkerer (Phineas Mason)


Tinkerer adalah salah satu karakter fiksi yang ada pada komik Marvel. Tokoh yang biasanya menjadi sosok antagonis ini diciptakan oleh Duo sineas Marvel, Stan Lee dan Steve Ditko. Tinkerer pertama kali muncul pada komik yang berjudul The Amazing Spider-Man #2 yang diterbitkan Marvel pada bulan Mei 1963. Tinkerer juga muncul pada film Spider-Man: Homecoming (2017).

Siapakah Tinkerer? Dia memiliki identitas asli bernama Phineas Mason. Phineas adalah sosok penemu yang cerdas. Ia juga seorang teknisi yang merancang alat-alat canggih terutama senjata untuk beberapa penjahat di Kota New York. Selain itu, Phineas juga memiliki toko reparasi senjata di bawah tanah dengan menyamarkannya sebagai toko reparasi radio. Salah satu ciptaannya yang terkenal adalah The Toy, sebuah robot hi-tech yang selalu membantunya melarikan diri dari kejaran polisi setiap ia ingin tertangkap. Karena kreasi dan ide-ide nya tersebut Phineas dijuluki Tinkerer.


Beberapa alat yang digunakan oleh para penjahat super diciptakan oleh Tinkerer. Ia menciptakan kostum yang digunakan oleh Misterio dan juga ekor yang digunakan oleh Scorpio. Tinkerer bahkan pernah disewa oleh Kingpin dengan biaya tinggi untuk membuat Spider-Mobile demi mengalahkan Spider-Man. Pada komiknya Tinkerer dipaksa bekerja untuk Vulture (Adrian Toomes) yang ingin membebaskan Nitro dari tahanan, namun alat yang digunakan oleh Tinkerer ternyata malah membuat dirinya tertangkap oleh polisi.

Tinkerer memiliki anak bernama Rick Mason, ia adalah seorang mata-mata kelas dunia yang bekerja untuk pemerintah Amerika Serikat. Walau Tinkerer dan sang anak merupakan sisi yang berlawanan, Tinkerer selalu menjalin hubungan yang baik dengan sang anak. Tinkerer bahkan kemudian berpindah pihak menjadi baik setelah anaknya tewas dalam menjalankan misi rahasia di Amerika Selatan. Parahnya, Sang anak tewas dengan senjata yang ia ciptakan sendiri. Sejak saat itu, Tinkerer tetap melakukan tugasnya sebagai reparasi senjata namun juga menjadi mata-mata yang memberikan semua informasi penjahat pada pemerintah.



Sebagai sosok antagonis, Tinkerer ternyata tak memiliki kemampuan super. Ia hanya memiliki kecerdasan yang luar biasa dan berpengetahuan luas tentang berbagai disiplin ilmu (ribet banget ya bahasanya? he...he...). Dengan kecerdasan yang ia miliki ia dapat menciptakan berbagai macam benda. Walau tak memiliki kekuatan super, Tinkerer merupakan sosok yang licin dan sulit ditangkap karena banyaknya penjahat super yang melindunginya untuk membalas budi.

Click to comment