-->

Colossus (Peter Rasputin)



Colossus merupakan salah satu karakter mutan yang ada pada komik Marvel. Tokoh ini diciptakan oleh Len Wein dan Dave Cockrum. Colossus sendiri muncul pertama kali pada komik berjudul Giant-Size X-Men #1 yang diterbitkan pada bulan May tahun 1975. Ciri khas Colosus adalah tubuhnya yang bisa mengeras seperti baja.

Colossus memiliki nama asli Piotr “Peter” Rasputin. Ia lahir di sebuah peternakan kecil bernama Ust-Ordynski di Uni Soviet. Di peternakan tersebut Colossus tinggal bersama ibunya Alexandra dan juga ayahnya yang bernama Nikolai. Colossus juga memiliki saudara yakni Mikhail Rasputin yang menjadi astronaut Soviet dan juga adik perempuan bernama Illyana (Magik). 

Awalnya, pemuda bernama Peter (Colosus) tersebut tak mengetahui bahwa dirinya adalah seorang mutan dan memiliki bakat. Peter baru mengetahui kekuatannya ketika ia menyelamatkan sang adik yang saat itu hendak terlindas traktor perkebunan. Tubuh Peter kemudian menguat layaknya baja dan menghentikan traktor tersebut dengan tangan kosong.


Kekuatan yang dimiliki oleh Peter tersebut diketahui oleh Charles Xavier yang kemudian mengajaknya bergabung dengan kelompok X-Men. Peter pun kemudian pergi ke Amerika Serikat untuk bergabung dengan X-Men generasi kedua. Xavier juga lah yang kemudian menjuluki Peter sebagai Colossus.

Pada versi komiknya, Colossus digambarkan sebagai orang yang rendah hati, tanpa pamrih, dan sangat enggan melukai siapa pun. Dalam kelompok X-Men pun Colossus kerap menjadi tameng untuk teman-temannya dengan menggunakan kekuatan miliknya.

Bicara mengenai kekuatan Colossus, Mutan satu ini memiliki kemampuan mengubah seluruh tubunhnya menjadi baja organik. Bentuknya seperti osmium namun pada komiknya belum ada yang bisa menjelaskan jenis logam apa yang bertransformasi pada tubuh Colossus. Saat menjadi sosok Colossus, tubuh Peter akan menjadi berat dua kali lipat dan memiliki stamina super sehingga dapat mengangkat benda berat sekalipun. Namun Colossus memiliki kelemahan. Ia tak bisa terlalu dekat dengan Vibranium. Jika hal tersebut terjadi maka ia akan berubah ke bentuk semula. 


5 comments

avatar

hahaha jadi keingat difilm deadpool lucu memang nih mutan :v

avatar

Kalah dong lawan captain amerika

avatar

Jika Capt menggunakan perisainya maka kemungkinan Colosus akan kalah.

avatar

black panther ma skali liataja

avatar

bukannya di komiknya Colossus dibunuh Gambit?

Click to comment