-->

Iceman (Bobby Drake)


Iceman adalah salah satu karakter fiksi yang ada pada komik Marvel. Tokoh yang merupakan kelompok mutan ini diciptakan oleh duo seniman Marvel yakni Jack Kirby dan Stan Lee. Iceman muncul pertama kali pada komik The X-Men #1 yang diterbitkan pada bulan September 1963. Tokoh ini sudah muncul beberapa kali di film X-Men dan menjadi kekasih dari Rogue.

Siapakah Iceman? Ia memiliki nama asli Robert Louis “Booby” Drake. Bobby lahir di Port Washington, Long Island, New York. Ia memiliki ayah yang merupakan orang Irlandia bernama William Drake dan sang ibu seorang Yahudi bernama Madeline Beatrice Bass-Drake. Bobby mengetahui bahwa dirinya adalah mutan setelah berkencan dengan pacarnya Judy Harmon. Saat mereka tengah berkencan, seorang tukang bully bernama Rocky Beasely mengganggu mereka dengan menangkap Judy. Merasa diganggu, Bobby pun secara tak sadar mengeluarkan es dari tubuhnya ke tangan Rocky sehingga tangan Rocky terbungkus balok es.


Saat kejadian tersebut banyak masyarakat sekitar yang melihat aksi dari Bobby. Dengan hasutan dari orang tua Rocky, massa yang banyak pun kemudian mencari Bobby dan berniat membunuhnya. Polisi lokal pun kemudian terpaksa menangkap Bobby dengan alasan keamanan dan kemudian memenjarakan Bobby.

Berita tersebut terdengar hingga ke telinga Xavier. Bersama dengan Cyclop, Xavier kemudian menemui orang tua Bobby dan mengatakan bahwa ia memiliki sekolah untuk anak berbakat. Bobby pun kemudian bergabung di sekolah tersebut dan dijuluki Iceman.



Sebagai mutan, Iceman memiliki kemampuan unik yang berhubungan dengan air. Ia bisa menurunkan suhu udara dan uap air disekitar dan mengubahnya menjadi es. Tak hanya mengubah menjadi es, Icemen juga bisa membentuk es tersebut seperti yang ia inginkan seperti perisai, tangga, pemukul baseball, tombak dan lain-lain. Selain lingkungan, Iceman juga dapat mengubah dirinya menjadi es. Hal tersebut membuat dirinya tahan terhadap cuaca ekstrim dengan suhu hingga minus 76 derajat Celsius. Dengan kemampuannya tersebut, Iceman sering membuat lintasan es dan meluncur di atas untuk mempermudah pergerakannya saat menghadapi lawannya.

Click to comment