-->

Penjelasan Post Credit Scene Film Black Panther



Black Panther tayang di bioskop pada Februari 2018. Sedikit janggal karena biasanya Marvel Studios jarang merilis filmnya pada bulan tersebut. Kemungkinan hal tersebut dilakukan agar film Avengers: Infinity War tidak mundur penayangannya. Banyak hal yang terungkap di film ini. Salah satunya adalah seluk beluk negara Wakanda yang ditampilkan secara rinci di film ini (walau tak ada petunjuk sedikit pun tentang Infinity Stone terakhir). Seperti biasa ada Post Credit Scene yang ditampilkan oleh Marvel difilm ini dan Marvelogy mencoba untuk menjelaskan maksud dari adegan tersebut.

PERHATIAN: Tulisan ini mengandung SPOILER karena terkait dengan jalan cerita yang ada di film Black Panter. Apabila Sobat Marvel belum menonton film tersebut dianjurkan tidak membaca tulisan ini.


Pada adegan pertama ditampilkan T’Challa Bersama dengan Okoye dan Nakia berada di markas PBB di Wina. Kedatangan mereka untuk melakukan konferensi pers terkait T’Challa yang kini menjadi raja baru Wakanda menggantikan sang ayah. Pada pidatonya, T’Challa juga mengatakan bahwa Wakanda akan berbagi sumber daya yang mereka miliki untuk dunia dan tak lagi mengawasi dunia secara diam-diam. Pidato tersebut langsung disanggah salah satu anggota yang menanyakan “Apa yang bisa diberikan negara dunia ketiga yang mayoritas penduduknya petani?” Pertanyaan tersebut langsung ditanggapi oleh T’Challa dan Okoye dengan senyuman.

Apa maksud adegan tersebut? Marvelogy menduga nantinya, Wakanda akan berubah menjadi negara yang terbuka pada dunia. Sebelumnya raja T’Chaka selama masa pemeritahannya memang menyembunyikan jati diri Wakanda pada dunia karena dia takut jika potensi sumber daya yang ada pada negaranya yakni vibranium akan disalahgunakan. Hal tersebut pula yang menyebabkan T’Chaka berselisih dengan sang adik dan membuat Erick Killmonger dendam pada Wakanda.


Dengan pernyataan sang Black Panther kemungkinan besar teknologi yang ada pada negara Wakanda akan digunakan oleh pihak luar. Bukan tidak mungkin, kedepannya kita akan melihat Shuri dan Tony Stark bersama-sama mengembangkan teknologi. Ada banyak peralatan dan senjata yang akan diperharui dengan bahan Vibranium, mengingat Wakanda memiliki banyak pasokan logam tersebut. Tameng baru yang digunakan Steve Roger pada Avengers: Infinity War pun kemungkinan menggunakan bahan yang sama. Mengingat yang akan dilawan para Avengers adalah Thanos, Marvelogy menduga akan ada pembaruan senjata yang cukup besar untuk mengalahkan Sang Titan tersebut.

Pada adegan kedua, terdapat adegan dimana Bucky sudah kembali dari proses pembekuan diri yang dilakukannya dan tinggal di sebuah gubuk kecil di Afrika. Kemudian ada beberapa bocah dari suku Afrika mengganggu dan memanggil Bucky dengan julukan “White Wolf”. Bucky pun kemudian menghampiri Shuri dan adik T’Challa itu mengajak Bucky berlatih.


Yang menjadi pertanyaan adalah julukan serigala putih atau White Wolf. Pada komiknya, White Wolf merupakan sosok antagonis yang ingin menguasai tahta Wakanda dengan nama asli Hunter. Hunter sendiri merupakan anak yang diadopsi T’Chaka karena dia selamat dari kecelakaan pesawat. Pesawat yang dinaiki Hunter jatuh di Wakanda sementara semua penumpang termasuk kedua orang tua Hunter tewas. Hunter pun iri pada T’Challa yang menjadi raja. (Mirip kisah Thor dan Loki).

Mungkinkah Bucky akan menjadi White Wolf? Marvelogy sendiri berspekulasi hal itu bisa terjadi namun, White Wolf di MCU kemungkinan besar akan jadi sosok protagonis yang akan membantu Wakanda. Di MCU sendiri sosok T’Chaka sudah meninggal karena bom yang dilakukan Baron Zemo dan T’Challa hanya memiliki saudari kandung bernama Shuri. Jadi kemungkinan besar kemunculan sosok Hunter akan sulit.


Itulah ulasan Marvelogy tentang adegan akhir di film Black Phanter. Sekali lagi ini hanyalah spekualasi karena MCU bisa sangat berbeda dengan komiknya agar jalan cerita yang dibuat jadi lebih segar. Marvelogy pun sebenarnya sangat penasaran dengan lokasi Infinity Stone terakhir, yang sayangnya tak dimunculkan di film ini. (Kudu sabar nunggu Avengers: Infinity War kayaknya. Hehehe…)

3 comments

avatar

emang infinity stones terakhir ntu yg gem apa yak ? apakah pernah dipegang oleh villain atau anggota Avenger sebelumnya ?

avatar

Infinity stone yg blm dimunculkan di mcu itu soul stone, belum tau ada dimana😂

Click to comment