-->

Phillip Coulson



Phillip Coulson adalah salah satu tokoh fiksi yang ada pada komik Marvel. Tak seperti tokoh Marvel pada umumnya yang diadaptasi dari komik, sosok Coulson tenar melalui Marvel Cinematic Universe dahulu lewat debutnya di film Iron Man yang kemudian dimasukan ke dalam komik baru Marvel. Wajah aktor Clark Gregg pun kemudian menjadi portrait dari tokoh tersebut. Tokoh ini diciptakan oleh Mark Fergus, Hawk Ostby, Art Marcum, dan Matt Holloway.



Phillip Coulson atau biasa dipanggil Phil lahir pada 8 Juli 1964. Ayahnya meninggal ketika umurnya masih 9 tahun. Sewaktu kecil, Coulson merupakan penggemar berat dari Captain America. Ia bahkan mengoleksi seluruh kartu Captain Amerika yang saat itu menjadi primadona anak-anak seusianya. Tak begitu dijelas bagaimana prosesnya namun Coulson kemudian bergabung dengan S.H.I.E.L.D. selama diorganisasi tersebut Coulson menjadi tangan kanan dari Nick Fury selain Agent Maria Hill.


Coulson kemudian mengikuti berbagai misi di S.H.I.E.L.D. salah satunya adalah investigasi tentang Mjolnir yang dibuang Odin ke bumi. Coulson juga sosok yang berjasa terhadap pembentukan Avengers karena ia yang merupakan tim penghimpun data. Sayangnya, Ia terluka terkena tongkat Loki saat adik dari Thor tersebut menyerang Bumi. Ia pun dinyatakan tewas.



Namun ternyata Coulson masih dihidup. Nick Fury membentuk tim medis untuk menghidupkan kembali Coulson. Misi tersebut dinamakan TAHITI Project dimana ada DNA alien yang diduga dari mahluk Kree yang dimasukkan ke dalam tubuh Coulson sehingga dirinya bisa hidup kembali.


Sebelah sembuh dari lukanya, Coulson menjadi salah satu petinggi di S.H.I.E.L.D. dan memimpin sebuah regu yang salah satunya adalah Bobbi Morse dan Daisy Johnson. Coulson juga menyuntikan DNA alien yang sama kepada Daisy sehingga dirinya menjadi salah satu sosok Inhuman.


Pada Serial Agents of S.H.I.E.L.D. Coulson harus kehilangan tangan kirinya karena menolong bawahannya. Ia memegang Kristal dari Kree yang membuat tangannya berubah menjadi batu. Beruntung saat itu agen Mack mengamputasi tangannya sehingga dirinya tak tewas.



Meski ia merupakan agen dari S.H.I.E.L.D.; Coulson tak memiliki kekuatan super dan menggunakan skill militernya dalam menjalankan misi. Ia juga memiliki mobil klasik yang memiliki kemampuan terbang bernama Lola.

2 comments

avatar

Wew.. akhirnya tau siapa coulson tanpa harus liat serialnya

Click to comment