-->

Baron Mordo



Baron Mordo adalah salah satu karakter antihero yang ada pada komik Marvel. Baron Mordo kerap menjadi musuh dari Dr.Strange. Tokoh ini diciptakan oleh Stan Lee dan Steve Ditko. Baron Mordo sendiri muncul pertama kali pada komik berjudul Strange Tales #111 yang diterbitkan Marvel pada bulan Agustus 1963.


Baron Mordo lahir di Varf Mandra. Ia merupakan salah satu dari sosok bangsawan di Transylvania. Memiliki nama lengkap Karl Amendeus Mordo, Baron Mordo mempelajari ilmu sihir dan pegunungan Tibet. Awalnya Mordo merupakan murid kesayangan dari The Ancient One (Tetua) yang merupakan peminpin perguruan di tempat ia menimba ilmu. Namun semenjak Dr. Strange datang, posisi Mordo tergantikan dan hal tersebut membuat pikiran jahat untuk membunuh Ancient One muncul dibenak Mordo. Mordo semakin kotor hatinya ketika The Ancient One memberikan mantra sihir kuno kepada Dr. Strange. Padahal sejak lama Mordo mengincar mantra tersebut.


Karena The Ancient One mengetahui pikiran Modro, pemimpin perguruan tersebut mengusir Mordo dari perguruan. Mordo pun kemudian belajar sihir untuk memanggil mahluk astral dan menyuruh mahluk tersebut meracuni makanan Acient One hingga akhirnya ia meninggal. Mordo pun bersekutu dengan mahluk iblis untuk menghancurkan bumi pasca meninggalnya The Ancient One. Namun beruntung Dr.Strange. Masih banyak konflik yang terjadi antara Mordo dan Dr.Strange. salah satunya ketika Mordo mencuri kitab Cagliostro dan menyamar sebagai Dr.Strange dimana ia membunuh banyak nyawa tak bersalah.


Sebagai penyihir, Baron Mordo memiliki kemampuan sihir besar yang ia pelajari selama bertahun-tahun. Mordo juga mempelajari sihir hitam dan terlarang. Salah satu sihir yang dikuasainya adalah hipnotis, mesmerisme, ilusi, dan sihir pikiran. Mordo juga bisa memindahkan bentuk astralnya dari tubuhnya sendiri. Selain sihir, Mordo juga bisa bela diri seperti karate yang ia pelajari di Tibet.


Click to comment