-->

Komodo (Melati Kesuma)


Komodo adalah salah satu karakter fiksi yang ada pada komik Marvel. Tokoh ini sangat istimewa terutama bagi bangsa Indonesia. Mengapa? Karena Marvel membuat tokoh ini berdasarkan hewan asli Indonesia yakni Komodo. Tokoh ini diciptakan oleh Dan Slott dan Stephano Caselli. Komodo pertama kali muncul pada komik berjudul Avengers: The Initiative #1 yang diterbitkan pada bulan Juni 2007.

Siapakah Komodo? Ia bernama asli Melati Kesuma. Tak dijelaskan secara lengkap di komiknya asal dan keluarga dari Melati. Namun pada komiknya, Melati mengalami kecelakaan mobil parah karena mengemudi secara ugal-ugalan setelah 6 minggu mendapat surat ijin mengemudi (SIM). Kecelakaan yang sangat parah tersebut membuat petugas membutuhkan waktu dua jam untuk mengeluarkan Melati dari bangkai mobil yang ringsek. Akibatnya, Melati menderita cacat karena kakinya harus diamputasi.


Hanya bisa duduk di kursi roda membuat Melati kemudian fokus pada pendidikannya. Ia bahkan mendapat beasiswa di Empire State University dan menjadi murid Dr. Curt Connors. Saat itu Connors mengangkatnya sebagai asisten dan mereka berdua bersama-sama mengembangkan serum dengan tujuan bisa meregenerasi tubuh manusia yang rusak.

Hasil percobaan mereka membuahkan hasil. Connors sukses membuat serum yang mampu menyembuhkan tangannya yang cacat. Namun karena serum tersebut belum sempurna, Connors kemudian menjadi liar dan menjadi sosok penjahat bernama Lizard. Saat itu Melati tahu dampak dari serum tersebut, tapi ia tetap mencuri serum milik Connors dan mencoba menyempurnakanya. Hasilnya, Melati dapat menumbuhkan kedua kakinya kembali.

Berbeda dengan Connors, Melati dapat menguasi dirinya. Tak hanya kakinya yang sembuh, Melati bahkan memiliki kekuatan super dan kelincahan karena serum tersebut. Melati kemudian menjadi pahlawan super dengan julukan Komodo dan bergabung dengan Avengers Initiative.



Sebagai mutan, Komodo memiliki kekuatan dan kelincahan layaknya reptil setelah menyuntikan dirinya dengan serum milik Connors. Namun layaknya reptil yang bisa melakukan autotomi (cari sendiri artinya di google ya! Heheh…), Komodo juga bisa berubah wujud. Jika menjadi sosok Melati Kusuma, maka ia akan menjadi wanita yang kehilanggan kakinya. Namun jika sudah berubah menjadi Komodo, Melati dapat menumbuhkan kakinya kembali.

3 comments

avatar

wah menarik nih buat fans nya Marvel di Indonesia kalo tokoh ini diangkat ke film

avatar

Bagus memang ni karakter

Click to comment