-->

Radioactive Man




Radioactive Man adalah salah satu karakter fiksi dari komik Marvel. Tokoh yang kerap kali menjadi sosok antagonis ini pertama kali muncul di komik berjudul Journey into Mystery #93 yang diterbitkan Marvel pada bulan Juni 1963. Stan Lee dan Jack Kirby adalah dua seniman yang menciptakan karakter ini. Radioactive Man dibuat untuk mengingatkan para pembaca komik Marvel akan dampak bahaya dari radiasi Nuklir.


Siapakah Radioactive Man? Dia memiliki mana asli Chen Lu, Seorang ahli fisika nuklir asal Tiongkok. Suatu ketika Negara tirai bambu tersebut hendak menguasai India (Ini fiksi ya, jadi ga bakal ada dalam sejarah), namun Thor menggagalkan serangan militer Tiongkok. Pemerintah lalu menyerukan kepada para ilmuwan dan ahli strategi Tiongkok untuk membalas dendam pada Thor. Chen Lu yang telah bertahun-tahun menguji coba nuklir pada tubuh manusia kemudian membuat dirinya terkena radiasi dalam jumlah besar. Ajaibnya, Lu mampu menerima radiasi tersebut dan menjadi Radioactive Man.


Aksinya mendapat dukungan pemerintah, Lu pun kemudian pergi ke New York untuk menghabisi Thor. Dengan kekuatannya Lu hendak meledakkan Thor dan seisi kota. Beruntung saat itu Thor berhasil membuat portal dan mengirim Lu kembali ke Tiongkok sebelum meledakkan kekuatannya. Lu merupakan sosok penjahat yang tak pernah menyerah dan selalu berusaha untuk mengalahkan para Avengers. Lu bahkan bergabung dengan kelompok Master of Evil Bersama Baron Zemo untuk menjalankan misi utamanya.

Sebagai Radioactive Man, dampak radiasi nuklir yang diterimanya membuat tubuhnya menjadi hijau. Dia juga mampu memanipulasi radiasi di seluruh spektrum gelombang mikro terutama lingkungan sekitarnya. Salah satu dampak serangan Radioactive Man adalah membuat orang mual, pusing, keracunan, dan juga efek hipnosis. Dia juga mampu menyerap kekuatan nuklir tanpa membahayakan dirinya dan mengubah radiasi nuklir tersebut menjadi energi untuk penggunaan pribadi seperti menciptakan daya elektromagnetik, menonaktifkan mesin dan juga melukai lawannya.



Click to comment