-->

Molten Man




Molten Man adalah salah satu karakter fiksi yang ada pada komik Marvel. Tokoh yang kerap menjadi sosok antagonis ini diciptakan oleh dua seniman legenda Marvel yakni Stan Lee dan Steve Ditko. Molten Man sendiri pertama kali muncul pada komik berjudul The Amazing Spider-Man #28 yang diterbitkan Marvel pada bulan September 1965. Pada komiknya, Molten Man selalu menjadi musuh dari si manusia laba-laba, Spider-Man.


Siapakah Molten Man? Dia memiliki identitas asli Bernama Mark Raxton. Mark berasal dari New York dan merupakan sosok yang jenius. Namun Mark menjadi orang yang terlalu berambisi. Dia terobsesi ingin cepat kaya. Mark kemudian bekerja di Oscorp dan menjadi asisten Dr. Spencer Smythe yang saat itu tengah mengembangkan kostum Spider-Slayer untuk menghabisi nyawa Spider-Man. Mark Bersama Smythe mengembangkan perpaduan logam cair dengan batu meteor radioaktif untuk membuat kostum tersebut.


Sifat Mark yang ingin cepat kaya membuat dirinya gelap mata. Mark diam-diam mencuri bahan pembuatan Spider-Slayer untuk dijual dipasar gelap. Namun aksi tersebut diketahui oleh Smythe dan terjadilah pertikaian di antara mereka. Mark kemudian terkena campuran cairan di sekujur tubuhnya. Kulitnya menyerap cairan tersebut sehingga seluruh tubuhnya menjadi keemasan. Tak hanya menjadi emas, cairan tersebut juga membuat tubuhnya menjadi kuat karena logam keras tersebut. Sejak saat itu Mark menjuluki dirinya sebagai Molten Man.

Masih dengan perilaku sama, Molten Man kemudian menggunakan kekuatannya untuk merampok dan mengumpulkan harta sampai suatu ketika dirinya menyadari bahwa tubuhnya mulai mengeluarkan panas yang hebat dan membakar tubuhnya sendiri. Molten Man mencari cara agar dirinya bisa membaik dengan cara mencuri meteor di museum untuk membuat penawarnya. Namun lama kelamaan, panas tersebut malah menjadi keuntungan baru bagi dirinya.


Sebagai sosok manusia dengan kekuatan super, Molten Man dapat mengubah seluruh jaringan eksternal ditubuhnya menjadi zat logam yang padat. Hal tersebut juga membuat dirinya memiliki tingkat ketahanan yang tinggi terhadap cedera fisik. Molten Man dapat menghasilkan panas yang hebat yang bisa membakar siapa saja yang menyentuhnya. Selain kekuatan logam panas, Molten Man memiliki kecerdasan yang luar biasa. Dia merupakan sosok ilmuwan jenius dengan gelar master Teknik kimia. Hal tersebut membuat Molten Man cukup pintar belajar dari kesalahan dan tidak jatuh pada kesalahan yang sama.


Click to comment