-->

Jigsaw




Jigsaw adalah karakter fiktif yang ada dalam komik Marvel. Tokoh antagonis ini diciptakan oleh seniman Len Wein dan Ross Andru. Jigsaw muncul pertama kali pada komik The Amazing Spider-Man #161 yang diterbitkan pada bukan Oktober 1976. Meskipun muncul pertama kali pada komik Spider-Man, Jigsaw merupakan tokoh yang sering berkonfrontasi dengan Punisher. Jigsaw juga muncul pada serial The Punisher yang ditayangkan oleh Netflix.

Siapa Jigsaw? Dia memiliki nama asli William Russo dan biasa dipanggil Billy Russo. Pada komiknya, Billy digambarkan lahir di keluarga miskin. Ayahnya selalu bertindak kasar dan kerap kali memarahi Billy. Pada umur 10 tahun, Billy bahkan diusir oleh ayahnya yang kejam. Billy memiliki wajah yang tampan ketampanannya tersebut membuat sebuah organisasi kriminal di New York mengajaknya bergabung sebagai salah satu modus operasi mereka. Di organisasi tersebut Billy juga menjadi pembunuh yang kejam.


Suatu ketika Billy disewa oleh seseorang bernama Frank Costa untuk menghabisi orang-orang terdekat Frank Castle. Billy pun melaksanakan tugasnya, namun Frank Castle berhasil lolos dari bom yang ditanam di rumahnya. Frank pun merasa dendam dengan para pembunuh keluarganya dan mendatangi markas pembunuh tersebut. Disana Frank membunuh seluruh anggota gang organisasi dan hanya menyisihkan Billy sebagai pesan agar para penjahat tak lagi melakukan aksinya. Frank pun menjatuhkan Billy ke panel kaca dan membuat wajah Billy rusak. Kejadian tersebut membuat wajah Billy yang tampan menjadi buruk rupa. Sejak saat itu Billy memiliki dendam pada Frank dan selalu berusaha membunuhnya. Karena wajahnya yang sudah hancur, Billy pun menamai dirinya sebagai Jigsaw.

Jigsaw adalah orang dengan perawakan atletik namun dirinya tak memiliki kekuatan super. Selama berada di penjara pasca ditangkap oleh Punisher, dia mengasah kekuatan fisiknya agar bisa sepadan dengan Punisher. Jigsaw memiliki pengalaman yang luas tentang teknik-teknik bertarung jalanan. Dia juga pandai menggunakan berbagai jenis senjata. Jigsaw bahkan melengkapi dirinya dengan kerangka exo dalam pakaiannya sehingga dirinya bisa bergerak dengan lincah dan gesit.





Click to comment